Cute Finding Nemo --> Cute Finding Nemo

Kuliah di Jurusan Teknik Informatika di Universitas Indraprasta PGRI

on Sunday, December 23, 2012

Kuliah merupakan salah satu pilihan ketika kita telah menyelesaikan jenjang pendidikan sekolah menengah atas atau kejuruan. Ketika kita sudah menentukan untuk melanjutkan kuliah, ternyata ada hal yang harus dipertimbangkan. Hal itu diantaranya adalah pemilihan jurusan kuliah. Jurusan kuliah sebaiknya dipilih berdasarkan minat dan kemampuan yang kita miliki, apakah sesuai dengan jurusan itu atau tidak. Jika minat dan kemampuan kita telah sesuai dengan jurusan yang akan kita pilih, tentu untuk kedepannya proses perkuliahan akan kita lakukan dengan maksimal.

Demikian yang saya alami ketika saya telah menyelesaikan jenjang sekolah menengah kejuruan, saya lebih memilih untuk bekerja terlebih dahulu. Namun bekerja bukanlah halangan bagi saya untuk melanjutkan belajar pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau kuliah. Bekerja telah saya jalani selama dua tahun, dan saya baru memutuskan untuk kuliah. Kebetulan saya mempunyai hobby atau minat terhadap bidang komputer, dengan alasan itulah saya memutuskan untuk kuliah dan memilih jurusan teknik informatika.

Sebelumnya saya bertanya-tanya, apa itu teknik informatika? Ternyata setelah saya mencari informasi mengenai teknik informatika di salah satu mesin pencari, saya menemukan beberapa informasi mengenai hal tersebut.  Diantaranya pengertian dari teknik informatika itu sendiri, yaitu teknik informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer. Demikian sedikit informasi yang saya dapatkan mengenai teknik informasi.

Akhirnya teknik informatika saya pilih untuk jurusan kuliah saya, selanjutnya saya harus menentukan dimana saya akan kuliah. Banyak teman saya yang merekomendasikan berbagai universitas, salah satunya Universitas Indraprasta PGRI. Tidak semua universitas terdapat jurusan teknik informatika, tetapi di universitas itu terdapat jurusan tersebut. Sehingga saya memutuskan untuk kuliah di sana.

Di Universitas Indraprasta PGRI, jurusan teknik informatika berada di fakultas teknik, matematika, dan ilmu pengetahuan alam (FTMIPA). Fakultas tersebut juga menyelenggarakan berbagai jurusan selain teknik informatika seperti jurusan teknik industri, arsitektur, pendidikan matematika, dan pendidikan fisika.

Kuliah di jurusan teknik informatika, kita belajar mengenai dasar ilmu dalam teknik informatika yaitu algoritma. Selain itu, kita juga diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer.

Sangat menyenangkan bagi saya kuliah di jurusan teknik informatika pada Universitas Indraprasta PGRI. Karena terdapat berbagai mata kuliah yang saya sukai, seperti mata kuliah yang mengacu pada perhitungan yaitu kalkulus. Selain itu dosen-dosen atau pengajar yang baik dan berkompetensi dalam mengajarkan berbagai mata kuliah. Banyak kesan yang tercipta selama saya kuliah di sana, kesan terhadap teman-teman di kelas, kesan terhadap dosen-dosen yang mengajar, dan lingkungannya yang nyaman dan sejuk.

0 comments:

Post a Comment